Selamat datang di kota muntok

Dengan melihat blog ini anda akan kami bantu untuk lebih mengenal kota muntok

Jumat, 24 September 2010

Asal muasal nama kota muntok

Sampai saat ini kita semua mungkin belum mengetahui asal usul nama kota muntok.
Namun menurut penjelasan dari sejarah nama muntok ada setelah ditemukan dan dieksploitasinya bijih timah. Tidak diketahui dengan pasti mengapa kota tua tersebut dinamakan Muntok.
Sebuah sumber di Eropa menyebutkan bahwa Muntok dinamai menurut nama Gubernur Jenderal Inggris yang berkedudukan di Tumasik (sekarang Singapura), yaitu Lord Minto.

Ada juga yang mengatakan mana muntok berasal saat Pangeran Jayawikrama naik takhta sebagai Sultan Mahmud Badaruddin I (SMB I), keluarga Kerajaan Palembang kurang berkenan dengan kehadiran istri pertama Sultan bernama Zamnah yang berasal dari Johor. Istrinya kemudian meminta untuk dibolehkan berdomisili di Bangka.
Dari Tanjung Sungsang, dataran di muara Sungai Musi di Pulau Sumatera, itulah istrinya melihat kawasan di seberang, Pulau Bangka, yang dianggapnya cocok untuk bermukim.
"Amun tok, kalau itu tempatnya sesuailah. Kurang lebih begitulah kata sang putri,". Kata-kata itu kemudian dijadikan nama kota itu. Kira-kira, begitulah kira asal-usul nama Muntok yang kemudian dilafalkan masyarakat setempat menjadi Mentok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar